Peluang Usaha Budidaya Jambu Biji

Tingginya angka kebutuhan masyarakat terhadap macam buah-buahan yang dapat menjadi peluang besar untuk si pelaku usaha. Saat ini tak hanya pedagang buah saja yang akan mendapatkan keuntungan besar, namun para petani pun yang membudidaya buah juga akan mendapatkan cipratan rejeki akan tingginya permintaan pasar di sektor ini.

Hampir semua masyarakat menyukai aneka macam buah-buahan, apalagi buah sudah menjadi salah satu bagian dari menu empat sehat lima sempurna ( nasi, sayur, lauk pauk, buah, dan susu ). Jadi tidak lah heran jika peluang pasar masih terbuka sangat luas. Mulai dari skala rumah tangga, para pedagang buah, hingga mini market besar yang menyediakan berbagai buah-buahan segar kepada para konsumen.

Bisnis budidaya tanaman buah jika anda tekuni akan membuahkan keuntungan yang cukup besar. Permintaan konsumen yang selalu mengalami peningkatan namun pemasok buah di pasar masih sangatlah kurang. Tentunya peluang ini dapat anda manfaatkan untuk melakukan budidaya tanaman buah agar dapat memenuhi permintaan pasar dan juga mendapatkan keuntungan yang berlimpah setiap bulannya.

Nah, jika anda tertarik untuk menekuni bisnis budidaya tanaman buah yang mendatangkan keuntungan jutaan rupiah, tentunya anda harus memilih buah apa yang kira-kira akan mudah untuk melakukan budidayanya dan juga laku dipasaran. Disini saya menyarankan anda untuk membudidaya buah jambu biji. Karena melakukan usaha budidaya jambu biji akan memberikan banyak keuntungan. Saya akan memberikan beberapa informasi mengenai budidaya jambu biji untuk anda yang ingin menjalankan usaha ini, berikut ini adalah peluang usaha budidaya jambu biji :

Cara Budidaya Jambu Biji

  1. Pertama-tama anda harus menyiapkan bibit unggu dariu varietas jambu biji yang banyak digemari para konsumen, misalnya seperti jambu bangkok, jambu sukun, jam merah, jambu apel, dan jenis lainnya. Proses pembibitan jambu biji dapat dilakukan dengan sistem pencangkokang, menanam bijinya langsung, ataupun dengan sistem okulasi.
  2. Selanjutnya, untuk lahan pertanian anda harus mempunyai lahan yang subur dan banyak mengandung nitrogen. Agar terjaganya tingkat kegemburan tanah, anda dapat mencangkulnya atau membajaknya dengan memiliki kedalaman sekitar 30 cm. Apabila lahan yang anda miliki sudah siap, maka berikanlah pupuk kandang sesuai dosis yaitu 40 kg/ m2 serta lengkapilah dengan bedengan yang mempunyai lebar sekitar 1,20 m dan memiliki panjangn sesuai dengan ukuran lahan.
  3. Proses yang ketiga yaitu membuat lubang tanaman pada bedeng yang sudah disiapkan. Ukuran lubang yang dibuat adalah 1 x 1 x 0,8 m yang sebaiknya anda siapkan sebulan sebelum anda menanam dan mempunyai jarak tanaman sekitar 7 - 10 m.
  4. Sebelum anda melakukan proses penanaman, diamkan selama satu bulan lubang yang anda buat. Kemudian setelah satu bulan, lubang tersebut ditutup seperti semula dengan memberi tambahan pupuk kandang. Dua bulan berikutnya bibit jambu biji telah siap untuk ditanamkan, penanamannya tidak perlu terlalu dalam sekali, cukup setinggi permukaan tanah disekitarnya.
  5. Untuk merawat tanaman ini dapat dilakukan dengan melakukan penyiraman sebanyak dua kali sehari pada minggu-minggu pertama, selanjutnya dapat dilakukan penyiraman sehari sekali pada minggu-minggu berikutnya. Jangan menyiram tanaman disaat sedang datangnya hujan dan buatlah lubang saluran air di sekitar daerah bedeng.
Kelebihan bisnis
Melakukan budidaya tanaman buah lebih mudah dari pada budidaya sayuran. Karena tidak membutuhkan perawatan yang secara insentif dan rekio kerugian cukup minim, serta biaya yang dibutuhkan untuk produksi tidak terlalu banyak, sehingga akan mendapatkan keuntungan yang cukup besar.
Selain itu tigginya permintaan konsumen terhadap buah-buahan semakin menunjungkan pentingkatan setiap harinya. Sehingga membuka lebar peluang pasar, dan prospek bisnisnya semakin menjanjikan.


Kekurangan Bisnis





Kendala yang akan anda hadapi ada serangan dari hama tanaman serta berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus dan jamur. Untuk dapat menghindari resiko tersebut, anda dapat membungkus buah dengan kertas pelindung dan menggunakan pestisida ataupun obat-obatan anti penyakit dan hama. Jadi buah yang anda tanam tetap terjaga kualitasnya.
Selain itu anda juga akan sering mengalami kesulitan mendapatkan bibit buah yang berkualitas unggul. Sehingga banyak orang yang mengandalkan bibit impor yang cenderung cukup mahal harganya.



Sekian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai peluang usaha budidaya jambu biji, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. Jika anda ingin mengetahui cara cepat menghasilkan uang dari internet, silahkan kunjungi Cara Cepat Mendapatkan Uang Dari Internet. Baca juga Tips Usaha Ternak Kambing.

1 komentar:

  1. Terimakasih artikel bisnisnya sangat inspiratif dan bermanfaat. Salam kenal Saya distributor susu kedelai organik Melilea suka sekali artikel tentang bisnis, dan peluang usaha dan bisnis

    BalasHapus